Mengenai Saya

Foto saya
Saya salah seorang yang cukup concern thdp pendidikan, terutama pendidikan utk anak usia dini. Pendidikan S1 dan S2 PAUD UNJ saya telah banyak membantu dalam pengembangan dan pendalaman kajian AUD.

Selasa, 16 Februari 2010

Teman dalam Renungan...

Temanku yang baik..

Tahukah engkau bahwa ada berbagai macam tipe teman di antara sekumpulan teman kita..? ya, aku akan bercerita kepadamu teman.

Tipe teman yang pertama adalah, seorang teman yang sejak awal sudah bertanya dalam hati dan pikirannya: "Apa keuntungan yg bisa kudapat dari temanku ini..?" atau: "Apa yang bisa kumanfaatkan dari temanku yang satu ini..?". Lalu yang kedua adalah tipe teman yang selalu ingin tahu keadaan atau keberadaan orang lain, tapi tentang dia...tak satupun teman kita maupun diri kita yg sdh dianggapnya sebagai temannya yg boleh mengetahuinya, hebatnya dia masih bisa berkata: "Aku gak pengen tahu kok urusan orang lain..". Menarik ya teman? berikutnya ada pula teman kita yang sepertinya bahagia sekali jika dia bisa mengkritik temannya yang lain..sssttt dia tidak sadar loh bahwa sebenarnya dialah yang harus banyak berbenah diri. Teman berikutnya juga mungkin sering engkau jumpai..di mana dia adalah seorang teman yang ingin sekali terlihat hebat, pintar, serba bisa di depan banyak orang, bahkan terkadang cenderung "lebay"..dan seringkali dia lupa bahwa tong kosong itu nyaring bunyinya.
Masih membaca tulisanku teman..?
Baiklah, ini tipe teman kita yg juga unik..seseorang atau bahkan banyak orang yang bercuap-cuap mengatakan bahwa dia telah membuat sebuah karya, dengan bangganya dia ceritakan karya tersebut pada banyak orang..sementara di relung hatinya yg paling dalam, dia menangis dan menderita karena dia sadar betul bahwa karya tersebut adalah milik temannya. Lalu ada juga seorang teman yg sangat hobby menceritakan pada teman-teman yang lain bahwa kita adalah teman terbaiknya dan yang paling dia handalkan, sehingga banyak di antara teman yang lain iri kepada kita krn menganggap dia teman yg pilih kasih atau kita adalah teman yg pandai mencari muka..percayalah teman, itu sebuah muslihat, karena ternyata dia memiliki seorang teman yang lain di mana banyak orang yg tdk menyadari bahwa temannya tersebut jauh diperlakukan lebih terhormat dibandingkan kita.
Teman kita yg diperlakukan terhormat tersebut mjd salah satu tipe teman kita juga. Perhatikan saja kemampuannya, sangat terbatas, atitudenya sangat rendah, pengalamannya juga tidak banyak..tapi dia sangat hebat dalam memberi kenyamanan, kehangatan dan kemesraan bagi teman-teman kita yang lain.
Jangan heran teman, jika ada beberapa teman kita yg akan segera menyalahkan kita jika keadaan tidak menguntungkan dan menganggap itu bukan lagi tanggung jawabnya, tp bila kondisi mjd lbh baik, dia akan segera bangkit dan berkata: "ya..untung ada saya kemarin.." atau: "itu kan ide saya.." Kalau kita ingat-ingat kembali, ada teman yang mengaku menjadi teman kita, tersenyum dan berkata manis di hadapan kita, dan tidak jarang menyanjung kita dan menjatuhkan teman kita yang lain..namun jangan terpedaya teman, dia pun akan jatuhkan nama baik kita "habis-habisan" di depan teman kita yang lain.
hmmm..tak apalah teman, karena masih ada tipe teman kita yang lain. Seperti teman yang berikut ini, dia tidak pernah menyakiti, dia tidak ikut bergembira atas keberhasilan kita, dia pun tidak mau terlalu jauh mencampuri urusan orang lain..atau mungkin karena dia juga tdk tahu apa-apa ya..? Tapi masih ada meskipun sedikit, seorang teman yg banyak ikut merasakan kesusahan dan kesenangan yang kita rasakan. mmmm..kalau dipikir2 lagi itu biasa bagiku teman..karena ada yg jauh lebih hebat dari mereka, seorang teman yg meskipun dia dalam keadaan sulit, terdesak, tergesa-gesa bahkan dalam keadaan sedih tapi masih bisa menghibur kita, memberi bantuan atau sekedar membantu memikirkan persoalan yang sdg kita hadapi. dia juga seorang teman yg dalam kegembiraannya masih mampu menitikkan air mata atas kesedihan temannya. dia adalah seorang teman yg masih terpingkal-pingkal atas kegembiraan temannya sementara diapun sedang dalam banyak masalah. dan dia adalah teman yg selalu mendoakan kebaikan dan kebahagiaan bagi temannya..karena dia selalu berharap yang terbaik bagi temannya, meski terkadang itu tidak sesuai dengan keinginannya..
Teman..siapapun dan bagaimanapun engkau, tetap menjadi temanku..karena engkau, engkau dan engkau.. aku menjadi mengerti makna "TEMAN".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar